Grafik Komputer

Kegiatan yang Terkait dengan G
rafik Komputer

• Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
• Rendering: memproduksi citra yang
lebih solid dari model yang telah dibentuk.
• Animasi: menetapkan/menampil
kan kembali tingkahlaku/behavior objek bergantung waktu.

Kerangka Grafik Komputer Interaktif

Applicationmodel Applicationprogram GraphicsLibrary (GL)Graphics System

• Graphics library/package (contoh:OpenGL) ada
lah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System)
• Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
• Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra

• Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.

Pemodelan Geometri

· Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :

· Shape/bentuk

· Posisi

· Orientasi (cara pandang)

· Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)

· Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)

· Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)

· Dan lain-lain …


· Pemodelan Geometris yang lebih rumit :

· Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.

· Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.

· CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.


Elemen-elemen Pembentuk Grafik

GEOMETRI





Pemrosesan Citra untuk Ditampilkan di Layar




Hardware Display Grafik : Vektor

•Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)


•Arsitektur Vektor



Hardware Display Grafik : Raster
•Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer


•Arsitektur Raster



date Selasa, 16 November 2010

0 komentar to “tugas3”

Leave a Reply: