SDM

Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting bagi wirausaha. Mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan merupakan kunci utama bagi kesuksesan bisnis wirausaha. Manajemen Perekrutan (Recruitment management) adalah salah satu proses dalam Administrasi Personalia (Personnel Administration) pada departemen Human Resource Development (HRD) yang mendukung para pengambil keputusan dalam menentukan sumber daya manusia yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Penseleksian dapat dilakukan dari mulai jumlah karyawan yang dibutuhkan. Setelah itu membuka lamaran pada wirausaha tersebut. Dan dilanjukan dengan perekrutan tenaga kerja. Pada tahap ini dapat dilakukan persyaratan yang dibutuhkan oleh wirausaha yaitu berupa CV, riwayat hidup, dan pengetahuan sosial yang dapat di tentukan oleh wirausaha tersebut.

Setalah dinyatakan lulus seleksi awal, maka calon pegawai diberikan masa uji coba kerja dan pelatihan mengenai bidang kerja yang akan dikerjakannya. Disini ditujukan agar dapat memilih tenaga kerja yang sesuai dengan wirausaha. Setelah itu pegawai yang dinyatakan lulus dalam masa uji coba kerja ini akan diberikan interview mengenai gaji bulanan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada wirausaha tersebut.

Pemilihan tenaga kerja sangat penting dalam wirausaha, karena setiap pegawai yang bekerja pada wirausaha tersebut mempunyai peran masing-masing yang saling berhubungan untuk masa depan wirausaha tersebut.

date Minggu, 02 Oktober 2011

0 komentar to “SDM”

Leave a Reply: